INFORMASI UMUM
1. Identitas Modul
Penyusun |
Nurul Azizah, S. Pd. |
Instansi |
SMAN 9 Padang |
Tahun Ajaran |
2022/2023 |
Kelas/Fase |
X/Fase E |
Jenjang |
SMA |
Materi |
Virus |
2. Kompetensi Awal
Sebelum
mempelajari materi peserta didik mampu
1. Peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup
2.
Peserta didik mampu mengidentifikasi sifat
dan karakyteristik zat
3. Profil Pelajar Pancasila
Penguatan Profil pelajar Pancasila |
Dimensi |
Elemen |
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Dan Berakhlak mulia |
Akhlak kepada alam |
|
Bergotong Royong |
Kolaborasi |
|
Kreatif |
Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternative solusi
permasalahan |
|
Mandiri |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi |
|
Bernalar Kritis |
Merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambil keputusan |
4. Sarana dan Prasarana
Sarana :
LCD, Proyektor, Laptop
Prasarana : E-Module,
Gadget
5. Target Peserta Didik
36 Peserta
didik
6. Model Pembelajaran
Discovery-Based Learning
7. Metode Pembelajaran
Ceramah dan
diskusi
8. Jenis Asesmen
Formatif :
Lisan dan tulisan
Sumatif :
Penilaian harian
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menganalisis ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka/teori
dengan benar.
2.
Peserta didik dapat menggambarkan struktur
tubuh virus berdasarkan gambar yang ditampilkan dengan benar.
3.
Peserta
didik dapat membuat perbandingan siklus
litik dan siklus lisogenik pada reproduksi virus menggunakan media poster
dengan jelas.
B. Pemahaman Bermakna
1. Peserta didik dapat memahami tentang pentingnya mempelajari virus
2. Peserta didik dapat memahami pentingnya belajar cara penyebaran virus
3.
Peserta didik dapat mempelajari kebiasaan
hidup sehat
C. Pertanyaan Pemantik
1. Selama dua tahun ini kita menghadapi pandemic Covid-19, apakah ananda
tahu penyebabnya?
2. Menurut ananda virus termasuk makhluk hidup atau bukan?
D. Persiapan Pembelajaran
Pemetaan peserta didik sesuai kebutuhan dilakukan dengan
menggunakan dua metode, yaitu: metode observasi (pengamatan secara langsung
keseharian peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas belajarnya) dan metode
angket melalui Google Form berupa penilaian diri (melibatkan peserta didik
untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar (minat dan profil) mereka selama ini).
E. Langkah Kegiatan
Kegiatan |
Alur Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
a. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. b. Perwakilan peserta didik memimpin doa. c. Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran
peserta didik. d. Guru memberikan
apersepsi tentang kasus
Covid-19 di Indonesia. e. Guru mengarahkan
seluruh peserta didik untuk membuka E-Module f. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam
materi sejarah penemuan virus dan ciri-ciri tubuh virus. |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah 1. Stimulus a. Guru bertanya tentang apa itu virus? Melalui video berikut https://youtu.be/S5D8xVnihfM b. Guru menyajikan skema penemuan virus oleh para ilmuwan dalam E-Module. Langkah 2. Mengidentifikasi
Masalah a. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan sejarah penemuan virus. b. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri, struktur tubuh dan reproduksi virus. Langkah 3. Mengumpulkan Data atau
Informasi a. Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang. b. Peserta didik diminta melakukan kegiatan c. Guru mendorong peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan
informasi untuk memahami struktur
tubuh virus dan reproduksi virus melalui E-Module
dan sumber belajar lain. d. Peserta didik menyimak video animasi daur
litik dan lisogenik pada E-Module e. https://youtu.be/Q7mFRaq2e90 https://youtu.be/bJ6HJcxnmg4 Langkah 4. Verifikasi atau
Membuktikan a. Peserta didik mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dan
memverifikasi b. hasil tersebut dengan data atau teori dari berbagai sumber lain. c. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan. d. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta
didik/kelompok yang mengalami kesulitan. Langkah 5. Menarik Kesimpulan atau
Generalisasi a. Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi mengenai ciri-ciri tubuh virus. b. Kelompok lain mempresentasikan struktur
tubuh virus dan reproduksi virus. c. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen
tentang apa yang dipresentasikan. d. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil
diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran. e. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang sesuai. f. Guru memberikan soal evaluasi untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran. |
70 Menit |
Penutup |
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai
pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu sejarah penemuan virus dan ciri-ciri, struktur dan reproduksi virus b. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman menggunakan Google Form c. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya. |
10 menit |
ASESMEN
a. Asesmen Formatif
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : .……………..
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan |
|||||||
Pengungkapan
gagasan yang orisinil |
Kebenaran
Konsep |
Ketepatan
penggunaan istilah |
Dan lain
sebaginya |
||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi,
Tanya Jawab dan Percakapan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN
PENUGASAN
Rubrik
Penilaian
No. |
Kriteria |
Kelompok |
||||||||
9 |
8 |
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang
studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Ketepatan
memilih bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kerapihan
hasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 100 = sangat baik, 75 = baik, 50 = cukup baik, 25 = kurang baik
Nilai Perolehan =
b. Penilaian Sikap
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor Rata-rata |
||||||
Tanggung Jawab |
Jujur |
Pedul |
Kerja Sama |
Santun |
Percaya Diri |
Disiplin |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Sikap -
Observasi pada Kegiatan Diskusi |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata
Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik
: ………….. Indikator
: Peserta didik menunjukkan perilaku kerja
sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi
dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut. 100 =
sangat baik 75 = baik 50 = cukup 25 = kurang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar